Senin, 4 Maret 2024

Dalam 24 Jam, Inggris Cegat Manuver Pesawat Rusia di Wilayah Udara NATO

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Angkatan Udara Inggris (RAF) mengerahkan pesawat tempur Typhoon untuk mencegat pesawat Rusia yang bermanuver sebanyak dua kali dalam kurun waktu 24 jam di dekat wilayah udara anggota NATO.

Dilansir dari Gov.uk, laman resmi pemerintah Inggris, Sabtu (10/6), insiden pertama terjadi saat pesawat IL-20 ‘COOT’ A dan Su-27 ‘FLANKER’ B Rusia terbang dekat wilayah udara NATO dan Swedia pada Kamis (8/6) malam. RAF pun mencegat pesawat Rusia tersebut bersama pesawat Gripens Angkatan Udara Swedia.

Baca Juga: Kunjungan Persahabatan, Kapal Qi Jiguang Bertolak ke Filipina

Keesokan paginya, pesawat tempur Typhoon milik RAF dan pesawat F18s Angkatan Udara Finlandia kembali mencegat dua Tupolev Tu-22M ‘BACKFIRES’ serta dua Su-30 SM FLANKER H yang terbang di atas Teluk Finlandia dan Laut Baltik.

“Pesawat Rusia tidak mematuhi norma internasional sebab gagal berkomunikasi dengan Flight Information Regions (FIR), namun mereka tetap berada di wilayah udara internasional dan terbang secara profesional,” jelas RAF.

Baca Juga: Putin Pastikan Senjata Nuklir Rusia Mulai Ditempatkan di Belarusia Bulan Depan

Menanggapi tindakan Rusia, Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan insiden itu adalah bukti bahwa NATO dapat bekerja sama untuk saling berpatroli.

“RAF selalu siap untuk melindungi kedaulatan udara kami dan sekutu. Sementara itu, tindakan terkoordinasi yang dilakukan oleh beberapa angkatan udara secara jelas menunjukkan nilai dari aliansi internasional kami,” ujar Wallace. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER