Minggu, 21 April 2024

BNPT: Berkat Sinergitas TNI-Polri Tahun 2023 Nihil Aksi Terorisme

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan tidak ada aksi terorisme di Indonesia sepanjang 2023. Rycko menyebut hal tersebut karena penegakan hukum yang tegas dan masif dari TNI dan Polri.

“Meski masih terdapat serangan teroris sejumlah negara, sepanjang 2023 tidak ada aksi terorisme di Indonesia. Sebuah indikasi yang menunjukkan membaiknya situasi keamanan di Indonesia. Ini semua berkat penegakan hukum yang tegas dan masif yang dilakukan oleh Densus 88 Polri didukung dengan TNI,” ujarnya dalam pernyataan pers akhir tahun di Sentul, Bogor, seperti dikutip dari detik, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Prajurit Yonmarhanlan X Dikerahkan untuk Pengamanan Kota Jayapura

Kendati demikian, lanjut Rycko, pemerintah tetap waspada karena paparan radikal terhadap kelompok rentan masih terjadi. Dia menyebut generasi muda menjadi salah satu target dari kelompok tersebut.

“Meski begitu, kita tidak boleh berpuas diri. Paparan radikal kepada kelompok rentan, yaitu perempuan, anak-anak, remaja, masih terus terjadi,” kata Rycko.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hubungi Prajurit TNI di Perbatasan untuk Uji Sinyal BTS 4G

“Menurut riset I-Khub Outlook BNPT RI tahun 2023, terdapat tiga kelompok rentan target radikalisasi, yaitu perempuan, remaja, dan anak-anak. Hal ini diperkuat dengan penelitian indeks potensi radikalisme, bahwa potensi terpapar lebih tinggi pada wanita, generasi muda, khususnya Gen Z umur 11-26 tahun dan mereka yang aktif di internet,” tambah Rycko. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER