Senin, 15 April 2024

Bertemu di Kamboja, ASEAN-AS Jalin Kemitraan Komprehensif Strategis

BACA JUGA

Phnom Penh, IDM – Hubungan antara ASEAN dengan AS semakin berkembang dengan dibentuknya Kemitraan Komprehensif Strategis saat melakukan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Ibu Kota Phnom Penh, Sabtu (12/11). Kemitraan ini diharapkan menjadi bagian dari solusi menghadapi dinamika tantangan di kawasan.

Harapan tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat berbicara sebagai negara koordinator dialog KTT ASEAN-AS yang dihadiri para pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, pada Sabtu (12/11).

“Kemitraan ini diluncurkan di saat dunia sedang hadapi tantangan yang luar biasa. Saya ingin membacakan ringkasan ASEAN Common Sense, di mana kemitraan ASEAN-AS dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi,” ujarnya seperti dilansir Setkab.go.id .

Dalam pertemuan ini, terdapat tiga hal penting yang dikemukakan oleh Presiden RI Jokowi. Pertama, kehadiran dan kemitraan dengan AS diharapkan dapat mendorong perdamaian dan stabilitas kawasan. Kedua, membangun kemitraan untuk ketahanan kawasan dan global, khususnya memastikan stabilitas sistem keuangan dan efektivitas kebijakan ekonomi. Ketiga, menciptakan kemitraan untuk masa depan berkelanjutan, seperti meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja baru dalam transisi energi.

Pembentukan kemitraan ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir, salah satunya saat pertemuan KTT ASEAN-AS di White House, AS pada Mei lalu. Presiden Biden menyampaikan dalam pidatonya bahwa pertemuan di Kamboja ini merupakan langkah untuk membangun kemajuan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Baca: Indonesia dan Austria Jalin Kerja Sama SDM

“Bersama-sama, kita akan mengatasi masalah terbesar saat ini untuk membangun Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, stabil dan makmur, tangguh dan aman. Kami menempatkan sumber daya nyata di balik pendekatan kami, bukan hanya retorika. Selama setahun terakhir, pemerintahan AS telah mengumumkan lebih dari $250 juta dalam inisiatif baru dengan ASEAN,” ujarnya seperti dilansir Whitehouse.gov. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER