Senin, 4 Maret 2024

Indonesia dan Austria Jalin Kerja Sama SDM

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Austria sepakat menjalin kerja sama ketenagakerjaan untuk meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Kamis (10/11). Kerja sama ini fokus pada pelatihan vokasi dan penyelenggaraan program penempatan pekerja migran Indonesia ke Austria.

Kerja Sama pengembangan SDM antara Kementerian Ketenagakerjaan RI bersama Kementerian Tenaga Kerja dan Ekonomi Austria ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau MoU Pelatihan Vokasi dan Pelatihan Berbasis Kerja di Jakarta, Kamis (10/11).

“MoU ini merupakan payung bagi pengembangan kerja sama bidang ketenagakerjaan yang meliputi pelatihan vokasi, penyelenggaraan pemagangan di Austria, dan inisiasi kerangka kerja penempatan pekerja migran terampil dan profesional Indonesia ke Austria,” ujar Menaker RI Ida Fauziyah dilansir Kemlu.go.id.

Menteri Tenaga Kerja dan Ekonomi Austria Martin Köcher turut menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Indonesia yang bertekad untuk terus memperkuat kerja sama dengan Austria. Kerja sama ini diharapakan menjadi kesempatan intensif di bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan Austria.

Baca: AS Kirim Bantuan Militer Tambahan Senilai $ 400 Juta ke Ukraina

Dalam pelaksanannya, Indonesia akan mengirim sejumlah peserta magang di berbagai sektor setiap tahunnya ke Austria. Sementara itu, Pemerintah Austria telah memberikan bantuan peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pembangunan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di 4 (empat) lokasi yaitu BBPVP Medan, BBPVP Serang, BBPVP Makassar dan BBPVP Banyuwangi. Keempat BBPVP tersebut dibangun melalui skema pinjaman lunak dari Pemerintah Austria dan diharapkan mencetak tenaga kerja terampil dengan berbagai kejuruan yang dikembangkan seperti pariwisata, perhotelan, pelistrikan, mesin kapal dan pengrajin logam. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER