Minggu, 26 Mei 2024

AS Gelar Latihan Bersama Jepang dan Korsel Setelah Korut Luncurkan Rudal Hwasong-15

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) menggelar latihan bilateral dengan sekutunya di Asia yaitu Korea Selatan (Korsel) dan Jepang yang melibatkan jet tempur masing-masing negara. Latma ini dilakukan setelah Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik antarbenua Hwasong-15 ke arah laut lepas Jepang.

Dilansir dari Reuters, Senin (20/2), AS mengerahkan jet tempur F-16, pesawat bomber B-1B AS dan jet tempur F-35A, sedangkan Korsel mengerahkan pesawat F-15K. Latihan ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapan dan kemampuan pertahanan sekutu.

“Itu (latihan) memperkuat kemampuan operasi gabungan dan menegaskan komitmen AS untuk pertahanan Semenanjung Korea dan penerapan pencegahan,” ujar militer Korsel.

Sementara itu, Jepang mengerahkan F-15S dan AS dalam latihan bilateral bersama AS di atas Laut Jepang. Kementrian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa situasi lingkungan keamanan semakin bersitegang setelah rudal terbaru Korut mendarat di ZEE Jepang.

“Latihan bilateral ini menegaskan kembali keinginan kuat antara Jepang dan AS untuk menanggapi situasi apa pun, kesiapan (Pasukan Jepang) dan Angkatan Bersenjata A.S., serta semakin memperkuat kemampuan pencegahan dan respons aliansi Jepang-AS,” ujar Kementrian Pertahanan Jepang.

Baca: AS Peringatkan Konsekuensi Serius Jika Cina Bantu Rusia

Sebelumnya, Korut melakukan uji tembak Hwasong-15 dari wilayah Pyongyang pada Sabtu (18/2). Peluncuran tersebut sukses dilaksanakan dan rudal terbang sejauh 989 km. Korut menyebutkan bahwa uji coba rudal dilakukan sebagai bentuk menjaga kesiapan tempur secara menyeluruh. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER