Selasa, 28 Mei 2024

Aksi Pesawat Tempur EMB-314 Super Tucano dalam Air Cover Latgab TNI 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dalam misi air cover di wilayah Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (30/7).

Dikutip dari keterangan TNI AU dalam keterangan foto di akun Instagram @militer.udara dijelaskan, pesawat-pesawat tempur tersebut berasal dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Baca Juga: Panglima TNI Akan Saksikan Langsung Manuver Lapangan Latgab TNI 2023 di Situbondo

Keempat pesawat dengan tail number TT-3109; TT-3104; TT-3102; dan TT-3112 itu tergabung dalam satu flight yang dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 21, Letkol Pnb Sandhra “Chevron” Gunawan.

Super Tucano
Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano saat bersiap untuk melakukan air cover dalam Latgab TNI 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Misi air cover yang mereka emban merupakan bagian dari operasi gabungan amfibi (Opsgabfib) dalam manuver lapangan latihan gabungan (Latgab) TNI “Dharma Yudha” tahun 2023. Manuver lapangan ini mulai dilaksanakan pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2023.

Dikutip dari berbagai sumber, Latgab TNI digelar dengan tujuan untuk menguji kesiapsiagaan tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Lebih lanjut, latihan ini merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yakni memperkuat konsep gabungan yang telah diaktualisasikan melalui pembentukan Kogabwilhan TNI.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Mengevaluasi Penempatan Perwira TNI yang Menduduki Jabatan Sipil

Sejumlah materi operasi dalam Latgab ini meliputi operasi udara gabungan, operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi, operasi lintas udara, operasi pendaratan gabungan dan operasi dukungan (pasukan khusus, bantuan tempur dan penerangan).

Adapun tiga lokasi yang digunakan sebagai tempat latihan yaitu Kogabwilhan I di Dabo Singkep, Riau; Kogabwilhan II di Asembagus, Jawa Timur; dan Kogabwilhan III di Manokwari selatan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER