Minggu, 16 Juni 2024

Public Day Misi Pegase ’23, Masyarakat Intip Langsung Kecanggihan Pesawat-pesawat Angkatan Udara Prancis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tim Pegase Angkatan Udara Prancis menggelar public day, berupa static dan dynamic show bagi masyarakat umum di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (30/7).

Pada kesempatan tersebut, masyarakat dapat menyaksikan langsung sejumlah alutsista milik Angkatan Udara Prancis yang sedang singgah di Jakarta dalam Misi Pegase 2023. Adapun alutsista tersebut meliputi pesawat tempur Rafale, pesawat angkut A-400M, dan pesawat A-330 MRTT.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Mengevaluasi Penempatan Perwira TNI yang Menduduki Jabatan Sipil

Masyarakat bahkan diberi kesempatan untuk masuk ke dalam pesawat A-400M dan A-330 MRTT. Capt Rimawan, salah satu masyarakat yang datang langsung ke acara ini, mengungkapkan apresiasinya kepada TNI AU dan Angkatan Udara Prancis karena telah diberi kesempatan untuk melihat langsung ketiga pesawat canggih tersebut.

Pesawat A-330 MRTT
Pesawat A-330 MRTT dalam public day Misi Pegase 2023. (Foto: Dok. Dispenau)

“Terima kasih untuk kesempatan luar biasa ini, ajang ini juga sebagai rekreasi edukasi bagi anak- anak kami, supaya lebih mencintai dunia dirgantara,” ujar Rimawan yang merupakan pilot Garuda Indonesia seperti dikutip dari Dispenau, Senin (31/7).

Yang menarik, momen public day ini turut menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk melihat langsung bagaimana model pesawat tempur generasi 4,5, Rafale dan pesawat angkut A-400M yang akan memperkokoh kekuatan TNI Angkatan Udara (TNI AU) dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Aksi Pesawat Tempur EMB-314 Super Tucano dalam Air Cover Latgab TNI 2023

Untuk diketahui, Indonesia dilaporkan telah membeli Rafale dan A-400M untuk TNI AU. Kontrak pembelian kedua pesawat tersebut telah ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI pada November 2021 untuk A-400M dan Rafale pada Februari 2022.

Pengadaan pesawat tempur Rafale dan pesawat angkut A-400M sekaligus menjadi wujud nyata komitmen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang ingin memperkokoh kekuatan udara Indonesia dan memberikan alutsista terbaik untuk TNI AU. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER