Rabu, 22 Mei 2024

Akhir Juli, TNI AL Laksanakan Sea Phase Latgab TNI 2023 di Laut Jawa dan Perairan Jawa Timur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Para prajurit TNI AL akan melaksanakan tahapan manuver lapangan dalam latihan gabungan (latgab) TNI 2023, pascasebelumnya menjalani geladi posko.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (28/7), fase laut (sea phase) yang akan berlangsung selama empat hari, yakni pada 29 Juli-1 Agustus di Laut Jawa dan Perairan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

Sedangkan pada 1 Agustus, pasukan pendarat yang terdiri dari Batalyon Marinir akan melaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Banongan, Jawa Timur.

Baca Juga: Prajurit Yontaifib 1 Marinir Latihan Penjinakan Bom dengan Robot

Dalam latgab tahun ini, TNI AL bakal menembakkan senjata khusus rudal Exocet MM40 Block III, C-802 , dan C-705 yang dilaksanakan oleh unsur Satuan Kapal Eskorta dan Satuan Kapal Cepat Koarmada I dan Koarmada II.

Sebelumnya, sebanyak 7.500 prajurit dari tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU, akan melaksanakan tahapan manuver lapangan tersebut. Para prajurit TNI dari tiga matra dibagi dalam beberapa Komando Tugas (Kogas).

Baca Juga: Terbang Back Seat, Penerbang Tempur TNI AU Jajal Kecanggihan Pesawat Rafale

Komando Tugas terdiri dari Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Kemudian, Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogaslinud), Komando Tugas Darat Gabungan (Kogasratgab), dan Satuan Tugas Pendukung Pasukan Khusus (Satgasduk Passus). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER