Selasa, 30 April 2024

Perkuat Matra Laut, TNI AL Usul Pengadaan Kapal Selam Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Untuk memperkokoh matra laut, TNI AL berharap bakal diperkuat dengan kapal selam baru. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, mengungkapkan pihaknya sudah mengusulkan pengadaan alutsista tersebut.

“Kita usul beberapa opsi untuk kapal selam. Nanti, Menhan (Prabowo Subianto) atau Kemhan akan menentukan mana yang disesuaikan dengan anggaran yang cocok dengan TNI AL,” ungkap Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Senin (13/2).

Ali menekankan, usulan kapal selam masih dalam proses perencanaan. Ia berharap, semoga ada anggaran untuk melakukan pengadaan dari luar negeri yang bisa mendukung pengadaan alutsista kapal selam.

Sebelumnya, TNI AL telah menerima sejumlah alutsista tambahan, yakni satu unit helikopter latih single engine Bell-505, tiga unit pesawat latih Piper Archer, dan satu unit pesawat CN 235-220 MPA yang diterima pada Januari 2023 lalu.

Baca: KSAL Ungkap Rencana Lantamal Jakarta dan Surabaya Diubah Jadi Kodamar

“Kemudian, kapal korvet Bung Karno khusus untuk VIP pertengahan tahun ini akan siap, dua kapal patroli cepat, kapal pemburu ranjau dari luar (negeri),” kata dia. Kapal pemburu ranjau, lanjut Ali, nantinya memiliki teknologi yang cukup modern dan akan memperkuat jajaran TNI AL pada akhir 2023. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER