Jumat, 19 April 2024

Wapres AS Mengunjungi Zona Demiliterisasi Korea

BACA JUGA

IDM – Wakil Presiden AS Kamala Harris mendarat di Korea Selatan untuk berkunjung ke Zona Demiliterisasi yang memisahkannya dengan Korea Utara, Kamis (29/9). Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan AS untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Semenanjung Korea.

Dilansir dariReuters, Kamis (28/9), Kamala Harris menjadi pejabat pertama dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang mengunjungi Zona Demiliterisasi. Kunjungan ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan komitmen aliansi antara AS dan Korea Selatan dalam menghadapi serangkaian ancaman rudal yang diluncurkan Korea Utara. Kamala Harris mendarat di pangkalan udara Osan, Korea Selatan setelah melakukan perjalanan ke Tokyo untuk menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Dilansir dari Whitehouse.gov, Selasa (27/9), saat berada di Jepang, Kamala Harris bertatap muka dengan Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-Soo dan berdiskusi perihal tindakan provokatif Korea Utara. Mereka sepakat bahwa sangat penting bagi AS untuk bertindak menghadapi hal tersebut, sehingga kunjungan ke Zona Demiliterisasi merupakan bagian dari komitmen AS dalam menjaga keamanan dan perdamaian regional. Han Duck-Soo mengatakan bahwa “Kujungan itu adalah demonstrasi yang sangat simbolis dari komitmen kuat Anda terhadap keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea. Kami bekerja dengan AS dalam menangani Korea Utara dimana saat ini mereka mengumumkan bahwa akan agresif dalam menggunakan tenaga nuklir. Jadi, kita harus benar-benar bekerja sama membentuk pencegahan yang sangat efektif terhadap provokasi Korea Utara tersebut.” (BP)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER