Kamis, 30 Mei 2024

Sambangi Semarang, Tim Ekspedisi Maritim Kenang Jasa Mas Pardi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tim ekspedisi maritim 2022 kali ini menjelajahi kejayaan maritim Semarang, Selasa (27/9). Kota itu memiliki nilai sejarah yang tinggi, salah satunya tokoh Laksamana Muda TNI (Purn) Mas Pardi atau M Pardi, pendiri sekaligus pemimpin dari BKR Laut Pusat, cikal bakal TNI AL.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (30/9), tim ekspedisi maritim menelusuri dan ingin memperkenalkan kepada generasi muda mengenai M Pardi, sebagai bagian dari sejarah TNI AL. Dia adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pertama di Indonesia sekaligus dijuluki “Bapak Ilmu Pelayaran Indonesia”,.

M Pardi digambarkan sebagai orang Jawa yang sederhana, namun cerdas, tegas dan mau bekerja keras. Berbagai jasa lainnya, seperti mendirikan Sekolah Pelayaran Semarang dan Akademi Ilmu Pelayaran Jakarta serta telah banyak membuat buku tentang navigasi yang masih digunakan hingga saat ini.

Penelurusan tim ekspdisi maritim di Kota Semarang adalah bagian dari penelusuran pada etape ke ketiga. Sebelumnya, tim menelusuri etape pertama di Kota Cirebon dan etape kedua di Kota Tegal.

Tim ekspedisi ini rencananya akan menempuh 13 etape yang diawali dari Cirebon, Tegal, Semarang, Salatiga, Juwono, Rembang, Gresik, Surabaya, Pacitan, Yogyakarta, Cilacap, Pangandaran dan berakhir di Jakarta mulai 22 September-11 Oktober 2022. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER