Minggu, 26 Mei 2024

TNI AU Siagakan Puluhan Ribu Personel hingga Pesawat Hercules untuk Libur Lebaran 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dilaporkan turut menyiagakan sebanyak 11.598 personel yang berasal dari semua pangkalan udara (lanud) untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Hal tersebut terungkap dalam paparan Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Kamis (21/3).

Puluhan ribu personel TNI AU itu berasal dari lima Komando Utama (Kotama) yang meliputi Komando Operasi Udara (Koopsud) I dengan 4.449 personel; Koopsud II sebanyak 4.078 personel; Koopsud III dengan 1.293 personel; serta Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) sebanyak 1.778 personel.

Baca Juga: Bantu Masyarakat Palembang yang Terdampak Banjir, Lanud SMH Bagi Ratusan Paket Sembako

Selain personel, TNI AU turut menyiagakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang akan digunakan sebagai perbantuan sarana angkutan umum bagi masyarakat apabila dibutuhkan.

Pesawat C-130 Hercules
Pesawat C-130 Hercules TNI AU. (IDM/Faisal Ramadhan)

“Kemudian, angkutan udara dengan mengerahkan Hercules C-130, baik tipe short body maupun long body, sesuai kebutuhan,” sambung Agus.

Secara umum, TNI akan menerjunkan sebanyak 67.955 personel dari tiga matra untuk mendukung Polri dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024, di mana 51.457 merupakan personel TNI AD, dan 4.900 lainnya adalah personel TNI AL.

Baca Juga: KSAU Serahkan Bantuan Randis untuk Dukung Operasional Jajaran TNI AU

“Kami laporkan bahwa TNI telah menyiapkan total 67.955 prajurit siap gerak dalam rangka mendukung Polri pada pengamanan menjelang sampai berakhirnya libur hari raya Idulfitri tahun 2024, atau saat arus mudik dan arus balik,” kata Panglima TNI dikutip dari akun YouTube TV Parlemen, Sabtu (23/3).

Nantinya, puluhan personel TNI itu bakal membantu pengamanan di pusat-pusat keramaian dan simpul-simpul lalu lintas orang maupun barang, seperti tempat ibadah; bandar udara; pelabuhan penyeberangan laut; terminal bus; stasiun kereta api; tempat peristirahatan pemudik; serta sarana-sarana umum lainnya seperti mall, pasar dan tempat rekreasi.

Selain pesawat Hercules milik TNI AU, alutsista TNI lainnya yang disiagakan dalam momen lebaran tahun ini, kata Agus, adalah KRI milik TNI AL yang berjenis LPD maupun angkut tank dan kapal ADRI; serta TNI AD dengan armada bus dan truk di setiap satuan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER