Rabu, 29 Mei 2024

TNI AL Resmikan 2 KAL 28 Meter, Spesialis Hadapi Penyelundupan di Selat hingga Sungai

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali meresmikan dua kapal TNI AL (KAL) 28 meter, yaitu Sembulungan II-52-42 dan Hinako I-2-19 di Batam, Jumat (16/2).

Dua unit KAL produksi dalam negeri PT Citra Shipyard tersebut akan memperkuat satuan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi yang ada di bawah Lantamal V Surabaya serta di Lanal Nias, Lantamal II Padang.

Ali menyampaikan, KAL 28 meter sangat cocok dikerahkan di perairan sempit, sepert selat bahkan bisa sungai. Ia menilai, hal itu sangat efektif digunakan dalam operasi Keamanan Laut (Kamla) untuk penegakan hukum di laut.

Baca Juga: 3 Armada Tempur TNI AL dan TNI AU Hadapi Serangan di Lautan dengan Cara Ini

“Karena kita tahu banyak sekali penyelundupan-penyelundupan itu dilakukan justru di selat-selat sempit,” jelas Ali, dikutip dari keterangan Dispenal, Minggu (18/2).

KAL 28 meter
(Foto: Dok. Dispenal)

KAL Sembulungan II-52-42 dan Hinako I-2-19 memiliki beberapa keunggulan, yaitu dilengkapi satu meriam 20 mm dan dua meriam 12,7 mm yang mampu beroperasi di berbagai medan dan cuaca.

“Dengan kecepatan 28 knots dan kelincahan yang dimiliki, KAL 28 ini mampu memenuhi berbagai misi operasi baik infiltrasi, eksfiltrasi, maupun misi SAR secara sangat baik,” ujar Ali.

Baca Juga: Jupiter Aerobatic Team Latihan Perdana Menuju Singapore Airshow 2024

Pengadaan kapal patroli jenis KAL 28 ini merupakan upaya TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas pokok matra laut sekaligus realisasi dari program prioritas pembangunan TNI AL, yaitu modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

“TNI AL berkomitmen melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta mengurangi produk impor,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER