Minggu, 26 Mei 2024

Tiga Kapal Perang Kelas Bung Tomo Upgrade CMS dan Radar Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tiga kapal kelas Bung Tomo akan diupgrade dengan sistem manajemen pertempuran Tacticos (CMS) dari Thales dan rudal Exocet Block 3 yang diproduksi oleh MBDA.

Dilansir dari Janes, Kamis (17/8), penambahan sistem pertempuran tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tempur ketiga kapal kelas Bung Tomo yang tengah diperbarui menjadi fregat.

Sebelumnya, kapal kelas Bung Tomo adalah tiga korvet yang awalnya dibangun untuk Angkatan Laut Brunei Darussalam dalam kontrak yang ditandatangani antara Bandar Seri Begawan dan Yarrow Shipbuilders pada 1995.

Baca Juga: Singgung Pembebasan Sandera di Papua, Ini Pesan Kasum TNI untuk Koopssus

Namun, kapal-kapal tersebut tidak pernah diresmikan Brunei karena adanya perselisihan kontrak. Kemudian, tiga korvet itu diakuisisi oleh TNI AL dan merubah penamaan ketiga kapal menjadi fregat pada 2014.

Menurut informasi juru bicara PT PAL, program pembaruan kapal oleh TNI AL dibagi menjadi dua fase, yakni setiap kapal mendapat peningkatan secara berurutan. Fase pertama melibatkan pemasangan radar dan sensor baru, sementara fase kedua berkaitan dengan peningkatan sistem pertempuran kapal.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Sepanjang 2.023 Meter Dibentangkan di Jayawijaya

Pada fase pertama, PT Len Industri ditunjuk sebagai kontraktor utama, di mana sebagian besar komponen dipasok oleh Thales. Selain itu, Janes mendapat penjelasan konsultan kelautan di Belanda, Nevesbu, juga ditunjuk sebagai integrator sistem untuk tahap ini.

Selain CMS Tacticos dan rudal Exocet Block 3, komponen-komponen lainnya yang sedang dipasang dalam fase ini meliputi sistem radar pengawasan udara dan permukaan SMART-S Mk2 serta sistem radar dan kontrol tembakan elektro-optik STIR EO Mk2. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER