Rabu, 29 November 2023

Satgas TNI Lanjutkan Evakuasi WNI dari Sudan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas TNI masih melanjutkan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan, Sabtu (29/4). Melansir keterangan Pusat Penerangan TNI, pada evakuasi lanjutan ini, evakuasi tidak hanya dilakukan pada WNI, tapi juga sejumlah WNA.

Tercatat sebanyak 372 orang yang terdiri 355 WNI dan 17 WNA dari Bangladesh, Filipina, Australia, dan Djibouti berhasil dievakuasi dari Port Sudan ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat TNI AU.

Baca Juga: Tingkatkan Kapabilitas, Penerbang Skadron Udara 27 Gelar Latihan Terbang Formasi

Pusat Penerangan TNI menyebut, setelah dari Jeddah, ratusan orang tersebut akan dipulangkan ke negaranya masing-masing. Dengan mengevakuasi tanpa pandang bulu, Puspen TNI menyebut ini sebagai salah satu kontribusi aktif dari Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan.

Setelah menempuh perjalanan dari Sudan ke Jeddah, para WNI kemudian akan diberangkatkan ke Jakarta untuk kemudian singgah di Asrama Haji, Jakarta Timur, sebelum pulang ke wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: Sejumlah Alutsista Diangkut ke Labuan Bajo Amankan KTT ASEAN

Mengutip CNNIndonesia, perang saudara di Sudan pecah ketika Rapid Support Forces (RSF) menyerbu pasukan paramiliter Sudan sebagai upaya kudeta, Sabtu (15/4). Baku tembak yang terjadi membuat banyak masyarakat tertembak peluru nyasar.

Tercatat ratusan orang tewas dan ribuan lainnya terluka akibat peristiwa ini. Situasi yang kian memanas membuat sejumlah negara menarik warganya keluar dari Sudan. Indonesia menerapkan tiga tahap evakuasi untuk memulangkan ratusan WNI ke tanah air pada akhir April hingga awal Mei 2023. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER