Selasa, 25 Juni 2024

Rudal Hipersonik Zircon akan Perkuat Kapal Perang Admiral Nakhimov Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal perang Angkatan Laut Rusia, Admiral Nakhimov, disebut sedang bersiap untuk diluncurkan ulang. Kapal paling mematikan Moskow era Perang Dingin ini sedang dimodernisasi yang akan mencakup senjata hipersonik Zircon.

Dilansir dari Tass, Selasa (13/6), Pemerintah Rusia menyatakan bahwa pihaknya telah memutuskan untuk meningkatkan kapabilitas kapal Admiral Nakhimov, yang akan kembali melayani Angkatan Laut setelah perbaikan dan uji coba di galangan kapal Sevmash, Rusia hingga September 2023.

Baca Juga: Modernisasi Alutsista, Angkatan Darat AS Resmikan Ranpur M10 Booker

“Battlecruiser Admiral Nakhimov akan menjalani uji coba laut pada September ini setelah perbaikan dan peningkatan di galangan kapal,” kata Tass.

Admiral Nakhimov merupakan kapal penjelajah tempur sepanjang 250 meter yang sudah memiliki berbagai senjata termasuk rudal supersonik P-700 Granite. Ketika melawan ancaman udara, kapal ini dibekali sistem rudal jarak jauh S-300 dan rudal jarak pendek 9K33 Osa.

Baca Juga: NATO Gelar Latihan Angkatan Udara Gabungan Terbesar ‘Air Defender 23’

Kini Rusia disebut berencana untuk mempersenjatai kapal bertenaga nuklir tersebut dengan rudal hipersonik Zircon yang mampu melakukan serangan terhadap sistem pertahanan musuh baik di laut maupun darat. Rudal ini mampu meluncur dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara dan menjangkau lebih dari 1.000 km. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER