Kamis, 30 Mei 2024

Rencana Sebulan di Mesir, KRI Radjiman Hanya 4 Hari Dropping Bantuan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sukses menuntaskan misi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang hanya diberikan kesempatan selama empat hari untuk menurunkan (dropping) barang di El-Arish, Mesir.

Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024 Laksamana Pertama Sumarji Bimoaji menceritakan, awalnya rencana kegiatan satgas berlangsung selama sebulan. Selain untuk menurunkan barang, KRI Radjiman juga mempersiapkan bantuan penanganan medis.

Namun, setelah melewati koordinasi ketat antara TNI AL dengan Kedutaan Besar RI di Kairo serta Atase Pertahanan, KRI Radjiman hanya diberikan waktu selama empat hari, yakni dari 13-17 Maret untuk menurunkan 242 ton bantuan di El-Arish, Mesir.

Baca Juga: Panglima TNI Sambut Kedatangan KRI Radjiman, Usai Antar Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

“Kami menyerahkan kepada Egyptian Red Cresent (Bulan Sabit Merah Mesir) dengan diangkut 50 truk menuju perbatasan Rafah untuk disalurkan kepada korban konflik Gaza,” jelas Bimoaji di Mako Kolinlamil, Jakarta, Jumat (15/3).

Ia juga memastikan ratusan ton bantuan kemanusiaan yang diangkut dari Indonesia itu dapat masuk ke Gaza, Palestina. Bimoaji mengatakan, informasi terakhir ini diperoleh dari hasil koordinasi dengan KBRI di Kairo.

“Informasi terakhir kami berkoordinasi ketat dengan KBRI bahwa Egyptian Red Crescent memastikan bantuan kemanusiaan tersebut diterima di Gaza,” kata Bimoaji.

Sampai saat ini, lanjut Bimoaji, ratusan ton bantuan kemanusiaan yang diangkut tersebut sudah masuk ke Gaza dan telah diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban konflik perang.

Baca Juga: Satgas KRI Radjiman Ungkap Tantangan Berlayar di Area Konflik Laut Merah

“Mereka (otoritas yang berwenang) meyakinkan dukungan atau bantuan kemanusiaan tersebut dapat diterima oleh korban konflik di Gaza,” ujar Bimoaji.

Sebelumnya, sebanyak 242 ton bantuan kemanusiaan untuk Palestina terkumpul sejak awal November 2023 lalu, dan terpusat di Koarmada II Surabaya serta Kolinlamil Jakarta.

Bantuan terdiri dari popok (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mie instan (470 kardus). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER