Jumat, 19 April 2024

Puspenerbal Gelar Latihan Operasi Laut Aspek Udara 2023 selama Sepekan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) Laksamana Muda Sisyani Jaffar membuka latihan Operasi Laut Aspek Udara 2023 di Sidoarjo, Selasa (31/10).

Dikutip dari keterangan Pen Puspenebal, Rabu (1/11), latihan yang dipimpin Danwing Udara 1 Puspenerbal Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani ini akan berlangsung selama sepekan, 31 Oktober-7 November dengan melibatkan 331 peserta.

Baca Juga: Mengenal Wakil KSAL Laksdya Erwin, Setahun 3 Kali Rotasi Jabatan dan 2 Kali Naik Bintang

Ratusan peserta tersebut terdiri dari Wing Udara 1 dan Wing Udara 2, Lanudal Juanda, Rumah Sakit TNI AL (RSAL) Soekantyo Tjaha, unsur KRl Koarmada II, Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan Pasmar 2 Surabaya.

Dalam sambutannya, Sisyani mengatakan Puspenerbal bertugas membina kekuatan penerbangan, meliputi pengintaian maritim, antikapal selam, antikapal permukaan, pendaratan pasukan pendarat lintas helikopter, dukungan logistik cepat, pengamanan laut.

“Kemudian, menyelenggarakan fungsi dukungan pesawat udara, pembinaan materiel dan personel Puspenerbal sebagai sub-Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNl AL dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut,” ujar Sisyani.

Baca Juga: Ikuti Rencana Panglima TNI Yudo saat Pensiun, Laksdya Heri: Balik Kampung, Nyangkul

Menurutnya, Puspenerbal selaku pembina kekuatan penerbangan TNl AL adalah bagian tidak terpisahkan dari operasi yang digelar TNl AL. Diperlukan sinergi dalam membina kemampuan, mengasah naluri tempur, dan kerja sama seluruh awak pesawat udara secara periodik.

“Safety culture (budaya keselamatan) menjadi modal setiap personel, karena keselamatan personel dan materiil dalam penugasan adalah syarat mutlak yang menjadi tolak ukur dalam kesuksesan penugasan,” terangnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER