Kamis, 30 Mei 2024

Pushidrosal dan Kemenhub Kerja Sama Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub), melakukan kerja sama penyelenggaraan survei dan pemetaan hidro-oseanografi di Jakarta, Kamis (15/12).

Dikutip dari keterangan Pen Pushidrosal, Jumat (16/12), kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut diwakili oleh Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan Dirjen Hubla Kemenhub Arif Toha Tjahjagama.

Pushidrosal dan Kemenhub Kerja Sama Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi
(Dok. Pushidrosal)

Selain itu, kerja sama juga meliputi distribusi peta laut Indonesia dan ENC, pemanfaatan sarana dan prasarana survei dan pemetaan hidro-oseanografi, peningkatan kapasitas dan profesionalisme sumber daya manusia serta penyusunan dan penyelarasan regulasi nasional maupun internasional.

Sebelumnya, penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan saat penutupan “Pendidikan Surveyor Hidrografi Kategori B” personel distrik navigasi Kemenhub, pascadilaksanakan selama enam bulan dan diikuti 25 personel Ditjen Hubla Kemenhub dari berbagai wilayah Indonesia.

Baca: Tiga Kapal Perang Koarmada II Latihan Tingkat L-3 di Wakatobi

Pada kesempatan tersebut, Nurhidayat menyampaikan pendidikan surveyor hidrografi tersebut adalah upaya penyediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang hidrografi.

“Perwujudan Indonesia sebagai poros maritim memerlukan sumber daya manusia yang unggul di bidang hidrografi,” ujar Nurhidayat. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER