Sabtu, 25 Mei 2024

Prajurit Marinir Akan Punya Senapan Serbu Baru Buatan Ceko

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Korps Marinir akan menerima persenjataan baru, yaitu AKM 5.56 dari Ceko. Hal ini diketahui saat Wakil Komandan Korps Marinir (Wadankormar) Brigjen (Mar) Surherlan meninjau uji fungsi senapan serbu tersebut di Surabaya, Senin (18/3).

Suherlan mengatakan, kegiatan uji fungsi senapan serbu AKM adalah untuk meyakinkan para prajurit Marinir sebagai pengguna alat-alat persenjataan.

“Korps Marinir sangat berharap dengan keandalan senjata ini bisa meyakinkan seorang prajurit, karena senapan serbu adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam melaksanakan tugas,” kata Suherlan, dikutip dari keterangan Dispen Kormar, Selasa (19/3).

Baca Juga: 8500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Kunjungan Presiden Jokowi di Kalbar

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang telah melakukan pengadaan senapan serbu AKM untuk meningkatkan kemampuan prajurit Marinir.

Wadankormar Brigjen (Mar) Suherlan
(Foto: Dok. Dispen Kormar)

“Terima kasih kepada Kemhan telah memperhatikan Korps Marinir untuk meningkatkan kemampuannya dengan menambah senjata, khususnya yang akan diterima adalah jenis senapan serbu AKM 5.56 mm dari Cekoslovakia,” ujarnya.

Di samping meninjau uji fungsi senjata, Suherlan juga menerima penyampaian protokol test dari tim Labisen Letkol Laut Supriyanto tentang karakteristik, prosedur, tindakan dan keamanan senjata.

Baca Juga: Mengapa Prajurit TNI Harus Mahir Perkelahian dengan Sangkur?

Modernisasi senapan serbu dari AK-47

Senapan serbu AKM (Avtomat Kalashnikova Modernizirovanny) merupakan hasil modernisasi dari desain dan sistem AK-47. Ada beberapa jenis senapan serbu AKM yang ditawarkan Excalibur, antara lain AKM versi standar dan hasil kustomisasi.

Kemudian ada juga yang menggunakan grip berbahan kayu berwarna coklat dan polymer berwarna hitam. Versi standar senapan serbu AKM yang dijual Excalibur menggunakan peluru kaliber 7.62 mm, tetapi untuk senapan yang dibeli Indonesia dibuat khusus untuk menggunakan peluru kaliber 5.56 mm standar NATO.

Dalam laman resmi Kemhan RI disebutkan, tahapan pengadaan senapan serbu AKM 5.56 mm buatan Excalibur itu sudah dilakukan sejak 2023. Sejauh ini, Kemhan belum mengeluarkan informasi mengenai jumlah senapan serbu yang bakal dibeli dari perusahaan Ceko itu. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER