Senin, 27 Mei 2024

Pertama di Dunia, TNI AU Miliki Simulator Pesawat Casa NC-212i

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapabilitas dan profesionalisme para penerbang TNI Angkatan Udara (TNI AU) kini dapat semakin terasah dengan keberadaan gedung simulator pesawat Casa NC-212i. TNI AU patut berbangga. Pasalnya, gedung ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di dunia.

Gedung simulator ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (13/1) dan diberi nama “Agung Priantoro”. Agung merupakan sosok penerbang Skadron Udara 4 yang gugur dalam insiden jatuhnya pesawat Casa 212 di Gunung Salak beberapa tahun silam. Untuk mengenang pengabdiannya, maka nama Agung diabadikan sebagai nama gedung simulator ini.

Simulator Pesawat
Fasilitas gedung simulator Casa NC-212i Agung Priantoro. (Foto: Dok. Dispenau)

Sebagai sarana pendidikan dan pelatihan, KSAU berpesan agar Wing 2 Lanud Abd dapat menyusun silabus, menyiapkan teknik mengajar serta menyiapkan instruktur yang berkompeten serta paham tentang sistem pesawat.

“Dengan dibangunnya gedung simulator pesawat NC-212i Agung Priantoro ini akan menunjang peningkatan profesionalisme dan kemampuan awak pesawat NC212i TNI AU secara signifikan, sekaligus meningkatkan keamanan dalam misi penerbangan para awak udara Skadron Udara 4,” tambah Fadjar seperti dikutip dari keterangan Dispenau.

Baca: Terima Kunjungan Wamenhan, KSAU Tegaskan Komitmen TNI AU Dukung Program P3DN

Keberadaan gedung simulator ini sejatinya menjadi wujud kemandirian industri pertahanan nasional karena fasilitas Flight Training Device (FTD) yang terdapat di dalamnya merupakan hasil kreasi anak bangsa. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER