Selasa, 21 Mei 2024

Penataan Kabel Bawah Laut, Pushidrosal Akan Luncurkan Aplikasi E-Pipa Kabel

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, mengungkapkan bakal meluncurkan aplikasi untuk mendukung pemasangan pipa dan kabel bawah laut yang lebih tertata.

Hal tersebut diungkapkan Nurhidayat saat memimpin rapat sosialisasi proses bisnis perizinan pipa dan kabel bawah laut di Mako Pushidrosal, Ancol, Jakarta, Kamis (2/2).

“Ke depan, atas inisiasi dari Menko Marves, Pushidrosal bersama tim nasional dalam waktu dekat akan launching aplikasi e-pipa kabel,” ungkap Nurhidayat, dikutip dari keterangan Pen Pushidrosal, Jumat (3/2).

Saat ini sudah banyak surveyor yang memiliki data survei bawah laut dengan menggunakan perkembangan alat yang semakin canggih, seperti multibeam. Oleh karena itu, masih banyak laut di Indonesia untuk disurvei kembali dengan data terbaru.

“Masih banyak yang belum disurvei, karena data saat ini masih pakai data yang lama dan belum seluruhnya update. Contohnya, pada zaman Belanda masih menggunakan pengukuran tali hingga belum menyentuh dasar laut,” jelasnya.

Baca: KSAU: SDM Berkualitas Kunci Kemajuan Suatu Bangsa

Dengan semakin banyaknya data survei dari masing-masing surveyor tersebut, Nurhidayat mengatakan kegiatan pemasangan pipa dan kabel bawah laut seharusnya bisa teratur dan tidak dilakukan sembarangan.

“Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut, pengerjaan pemasangan pipa dan kabel laut dapat diselesaikan dalam satu bulan,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER