Sabtu, 25 Mei 2024

Pasmar 3 Kerahkan Ribuan Personel dan Alutsista untuk Pengamanan Pemilu 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pasmar 3 mengerahkan ribuan personel hingga sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) sebagai Satgas Pengamanan Pemilu 2024 di Sorong, Papua Barat Daya.

Danpasmar 3 Brigjen (Mar) Sugianto memeriksa kesiapan pengerahan ribuan personel dan sejumlah alutsista Marinir itu dalam apel gelar pasukan untuk pengamanan pemilu 2024 di Mako Armada III, Sorong, Papua Barat Daya, Senin (18/12).

Sugianto menerangkan, sebanyak 1001 personel dikerahkan untuk Satgas Pengamanan Pemilu 2024. Lalu, didukung sejumlah alutsista dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib), Brigif 3 Marinir, Resimen Kavaleri (Menkav) 3 Marinir, Resimen Artileri (Menart) 3 Marinir, dan Resimen Bantuan Tempur (Menbapur) 3 Marinir.

Baca Juga: Danjen Kopassus Resmikan Masjid yang Jadi Simbol Keberanian dan Kedermawanan Pasukan Khusus

“Seperti tank PT-76, BTR-50 PM, Opleger, kendaraan khusus ATAV, truk LC-Short, kendaraan taktis Ford-Triton, dan ambulans,” jelas Sugianto, dikutip dari keterangan Pasmar 3.

Nantinya, kata dia, penempatan personel berkoordinasi dengan kepolisian untuk antisipasi tingkat kerawanan di Papua Barat Daya, Kabupaten Maybrat dan Tambrauw.

“Namun semua wilayah akan dilakukan pengamanan maksimal. Dan untuk laporan jika masyarakat menemukan anggota TNI khususnya Pasmar 3 yang tidak netral, ada posko pengaduan di Mako Pasmar 3,” tegas Sugianto.

Baca Juga: Prajurit TNI Tanam 4500 Bibit Pohon di Gunung Lawu

Selain kesiapan Satgas Pengamanan Pemilu, apel gelar tersebut juga memeriksa kelengkapan personel dan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Mobile Republik Indonesia-Papua Nugini.

“Sedangkan untuk Satgas Pamtas RI-PNG sebanyak 75 personel, dengan jumlah 1076 personel,” ujar Sugianto.

“Mereka menggantikan satgas yang selesai bertugas dan bergabung dengan satuan-satuan lain disana. Mereka akan bertugas selama satu tahun,” tambahnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER