Sabtu, 15 Juni 2024

Panglima TNI Siapkan 800 Personel untuk Pembentukan Empat DOB Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Merespon rencana pembentukan markas komando militer di empat daerah otonomi baru (DOB) Papua, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan bakal menambah 800 personel untuk ditempatkan di wilayah “Bumi Cendrawasih”.

Pembentukan empat DOB tersebut, yakni di Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya, juga akan menambah Komando Daerah Militer (Kodam) dan Komando Distrik Militer yang nantinya didirikan di tiap kabupaten.

“Pembentukan empat DOB, yang jelas di tiap kabupaten ada Kodim. Ini masih kita rapatkan dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD),” ungkap Yudo dilansir dari Tempo, Jumat (3/2).

Oleh karena itu, Yudo mengaku pihaknya saat ini tengah tengah mendorong pasukan teritorial mempersiapkan Komando Resor Militer (Korem), Kodim hingga Komando Rayon Militer (Koramil). “Itu nanti kita akan hitung dulu. Kurang lebih sekitar 800-an untuk persiapan di empat DOB,” ujarnya.

Baca: Wakasau Tinjau Upgrade Avionic System Pesawat Hawk 100/200 Produksi PT Infoglobal

Tak hanya itu, ia juga sedang berdiskusi dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) terkait rencana pembentukan Pangkalan TNI AL maupun Pangkalan TNI AU, sebagai implikasi pembentukan empat DOB di wilayah Papua. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER