Rabu, 24 April 2024

Jepang Ingin Kerahkan Pasukan Lintas Udara dan Amfibi di Latma Super Garuda Shield 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Darat Jepang, Jenderal Yoshida Yoshihide berharap di Latma Super Garuda Shield 2023 mendatang pihaknya bisa menyertakan pasukan lintas udara dan amfibi. Hal ini dikatakannya saat bertemu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang berkunjung ke Markas Besar Angkatan Darat Jepang di Ichigaya, Tokyo, Jumat, (3/2).

Yoshida sangat bangga dan berterima kasih atas kerja sama militer antara TNI AD dengan Jepang yang telah berlangsung dengan sangat baik, khususnya di bidang latihan, terkait keterlibatan pasukan Lintas Udara AD Jepang saat pelaksanaan Latma Super Garuda Shield 2022 yang lalu.

Indo-Jepang
(Foto: Dok. Dispenad)

Terkait hal ini Dudung menyambut baik keinginan Yoshida. Ia mengatakan saat ini Latma Super Garuda Shield 2023 sedang dalam tahap perencanaan dan pematangan di tingkat Mabes TNI.

Selain itu, Dudung berharap kerja sama latihan antara kedua Angkatan Darat dapat dikembangkan juga untuk Latma penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan mengingat kemampuan Jepang berikut alutsistanya yang sangat teruji dalam bidang tersebut.

Indo-Jepang
(Foto: Dok. Dispenad)

Berikutnya Dudung juga mendorong pelaksanaan kerja sama di bidang pendidikan dengan tetap akan mengirimkan personel TNI AD untuk mengikuti pendidikan di Jepang, diantaranya taruna Akmil di National Defense Academy dan perwira TNI AD di Seskoad Jepang.

Baca: Panglima TNI Siapkan 800 Personel untuk Pembentukan Empat DOB Papua

“Dalam pertemuan ini, kami sepakat untuk dapat lebih meningkatkan kerja sama militer di bidang lainnya, sehingga terwujud hubungan kerja sama dengan berpandangan prinsip saling percaya, saling menghormati, saling bersahabat, dan saling menguntungkan serta senantiasa menjunjung tinggi semangat cinta damai dan menghargai masing-masing pihak,“ kata Dudung. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER