Sabtu, 25 Mei 2024

Panglima TNI Pimpin Sertijab Kepala Staf Angkatan Darat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin sertijab Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabesad, Jakarta, Jumat (27/10).

Usai sertijab, Agus menyampaikan bahwa visi dan misi yang disasarnya yaitu mewujudkan TNI AD yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif dalam menghadapi tantangan global dan nasional menuju Indonesia maju.

Sebagai pembina kekuatan TNI Angkatan Darat, Agus menegaskan akan terus meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi berbagai tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Rencana Pengadaan 11 Combat Boat untuk Koarmada III, Wakil KSAL: Rawan Penyelundupan lewat Pulau Kecil

TNI AD juga akan melakukan berbagai program untuk meningkatkan kemampuannya, termasuk memodernisasi alutsista, meningkatkan kemampuan personel, dan pengembangan doktrin militer. Kerja sama dengan negara-negara sahabat untuk sama-sama meningkatkan kemampuan juga akan terus dilakukan.

Pria lulusan Akmil 1991 ini juga menegaskan bahwa dirinya akan melanjutkan program-program unggulan Angkatan Darat seperti penanganan stunting, TNI Manunggal Air untuk mengatasi krisis air di tengah musim kemarau, serta program-program lain yang telah dirintis sebagai upaya mendukung program pemerintah. Dalam mewujudkannya, Agus menekankan pentingnya menjalin sinergi dengan instansi terkait.

“Program-program unggulan TNI AD yang telah berjalan selama ini, nantinya akan saya lanjutkan. Tentunya TNI Angkatan Darat tidak bisa bekerja sendiri, maka kita akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lainnya, termasuk dengan Polri,“ ujar Agus.

Baca Juga: Panglima TNI Resmikan Pangkat Bintang 3 kepada Letjen (Mar) Nur Alamsyah

Agus juga mempertegas pesan Panglima TNI agar TNI AD menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu. TNI AD berkomitmen akan netral dalam Pemilu dan tidak akan berpihak pada salah satu calon. TNI AD juga akan bekerja sama dengan pemerintah dan komponen bangsa lainnya, serta penyelenggara Pemilu untuk memastikan Pemilu berlangsung secara demokratis dan adil.

“Dalam menghadapi tahun politik, peran TNI AD adalah terus menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. TNI AD akan terus mendukung demokrasi dan kedaulatan NKRI, dengan bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh komponen bangsa untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional, dan ini adalah prioritas kita,” kata Agus.

Sementara itu, terkait penanganan konflik di Papua, Agus mengungkap bahwa hal tersebut merupakan salah satu isu keamanan yang menjadi perhatian pemerintah. TNI AD akan terus mendukung pemerintah, serta melakukan koordinasi lintas sektoral guna menyelesaikan konflik Papua menggunakan pendekatan dialog dan rekonsiliasi, sesuai perintah Panglima TNI. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER