Rabu, 29 Mei 2024

Pangdam IM Uji Drone Spraying Type EFT E16 20 Liter untuk Tingkatkan Produktivitas Petani

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Untuk meningkatkan produktivitas bagi para petani komoditi Jagung, Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya menguji kelayakan drone spraying type EFT E16 kapasitas 20 liter di Gampong Bueng Dimek, Kecamatan Kota Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (17/5).

Program pertanian yang dinamakan “I’M Jagong” ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat di Prov. Aceh. Hal ini didasari dari melihat pentingnya perluasan areal tanam jagung karena sejatinya jagung bisa menjadi komoditi pangan sebagai bagian dari Program Lumbung Pangan Nasional.

Baca Juga: Eks Danjen Kopassus Terima Kunjungan Konsul Malaysia dan Kepala MMLO Pontianak

Resiko Kesehatan Pertanian Tradisional, Kegiatan pertanian tradisional umumnya meliputi penyebaran bibit, penyiraman pestisida, sampai pemantauan tanah. Petani mesti berjalan sambil membawa alat sekian hektar dan menghabiskan sekian hari. Tenaga dan waktu petani yang biasa dikeluarkan kini bisa berkurang berkat drone Spraying.

drone
(Foto: Dok. Dispenad)

Biasanya petani bekerja dengan menggendong pompa berisi pestisida dengan berat sekitar 20 kilogram. Lahan demi lahan disemprotkan pestisida dengan efek cairan yang terhirup dan terkena kulit selama aktivitas. Belum lagi penyemprotan pestisida tidak ada porsi khusus sehingga bisa habis lebih cepat.

Baca Juga: Praka Simbolon Peraih medali Emas SEA Games 2023 Disambut Meriah di Yonzipur 9

Tidak sedikit kasus petani mengalami keluhan pusing akibat pestisida. Resiko pestisida lain kerap membuat petani muntah, kulit gatal, dan pingsan. Sehingga resiko petani terkena penyakit bisa turut berkurang.

Sejak dahulu, pertanian Indonesia menjadi andalan dalam menyediakan pangan yang berkualitas. Dengan tanah yang subur, segala jenis pertanian punya potensi menjadi sektor bisnis yang menjanjikan. Bukan cuma potensi berkembangnya tanaman pertanian, tetapi potensi teknologi bisa hadir dengan mengadaptasi Drone Spraying. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER