Senin, 4 Maret 2024

Museum Brawijaya, Menyimpan Kepingan Sejarah Perjuangan Rakyat Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Museum Brawijaya di Malang, Jawa Timur menyimpan kepingan sejarah perjuangan rakyat Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Sejumlah benda seperti senjata, kendaraan, barang-barang milik pejuang hingga perpustakaan berisi dokumen sejarah pengabdian dan perjuangan TNI dapat ditemukan dalam museum tersebut.

Tak hanya itu, museum yang terbuka untuk umum itu juga menyimpan sebuah gerbong kereta tua yang diabadikan untuk mengenang jasa pejuang. Melansir detik, Kamis (29/6) benda itu sekaligus menjadi menjadi saksi bisu kekejaman penjajah mematahkan semangat meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Herman Johannes Si Peracik Bom Indonesia Semasa Agresi Militer Belanda I dan II

Gerbong itu disebut ‘Gerbong Maut’. Ia merupakan kendaraan tempat tewasnya puluhan pejuang saat perjalanan dari Bondowoso hingga Surabaya. Kala itu, Belanda pada 1947 melakukan penangkapan besar-besarann terhadap pejuang Indonesia di Bondowoso.

'Gerbong Maut'
‘Gerbong Maut’ di Museum Brawijaya. (Foto: kemuseum.org)

Akibatnya, penjara Bondowoso mengalami kelebihan kapasitas hingga penjajah memutuskan pemindahan tahanan ke Surabaya. Pemindahan itu dilakukan dengan 3 gerbong kereta. Seratus tahanan dipaksa masuk dalam gerbong panjang 5,27 meter lebar 2,82 meter dan tinggi 3,34 meter untuk menempuh perjalanan belasan jam.

Baca Juga: Van Der Wijck, Benteng Pertahanan Belanda Pernah Jadi Lokasi Pelatihan Tentara PETA

Oksigen yang minim ditambah perlakuan penjajah yang tidak memberi mereka makan dan minum, membuat banyak pejuang sakit. Hidup sebagian besar mereka bahkan berakhir dalam gerbong tersebut.

Mengutip kemuseum.org Museum Brawijaya dibangun atas prakarsa Brigjen TNI (Purn.) Soerachman yang kisaran tahun 1962 menjabat sebagai Pangdam Brawijaya. Museum ini kemudian dibangun tahun 1967 dan diresmikan Mei 1968 oleh Pangdam Brawijaya generasi berikutnya, Kolonel (Purn.) Dr. Soewondo. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER