Selasa, 25 Juni 2024

MTF Commander Percayakan KRI Frans Kaisiepo-368 Gelar Pertemuan Strategis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Maritime Task Force (MTF) Commander RADM Michael Busse dari Angkatan Laut Jerman, memberikan kepercayaan penuh kepada KRI Frans Kaisiepo-368 untuk menggelar pertemuan strategis dengan Komite Kelima di Port of Beirut, Lebanon, Sabtu (4/2).

Kepercayaan yang diberikan kepada KRI Frans Kaisiepo-368 sebagai Satgas Unsur Perdamaian TNI AL ini dikarenakan kemampuan, performa unsur serta prajurit, dan keberhasilan dalam menyelesaikan setiap agenda satuan tugas MTF United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

KRI Frans Kaisiepo-368
(Foto: Dok. Dispenal)

Komite Kelima adalah satu komite yang ada di bawah Majelis Umum PBB. Komite ini bertanggung jawab atas urusan administrasi dan anggaran yang bertugas mempertimbangkan dan memberikan persetujuan hal-hal mendesak, terkait pendanaan misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Untuk menunjang tugas tersebut, Komite Kelima meninjau 12 operasi perdamaian PBB di seluruh dunia, termasuk MTF UNIFIL. Sebanyak 24 personel Komite Kelima yang berasal dari berbagai negara anggota PBB mengunjungi KRI Frans Kaisiepo-368, termasuk Chief of Staff (COS) MTF, Kolonel Laut (P) Ludfy beserta staf.

KRI Frans Kaisiepo-368
(Foto: Dok. Dispenal)

“Pertemuan ini penting untuk menyampaikan urgensi keberadaan MTF, berbagai capaian yang berhasil diraih serta program-program prioritas untuk mengakselerasi keberhasilan tugas yang dimandatkan PBB,” kata Michael dikutip dari keterangan Dispenal, Rabu (8/2).

Di kesempatan yang sama, Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, mengatakan keterlibatan dalam MTF adalah implementasi dari amanat konstitusi untuk turut memelihara ketertiban dunia.

Baca: Rusia: Keterlibatan NATO Picu Eskalasi Konflik

“Misi tersebut juga wujud diplomasi militer yang memiliki tujuan confidence building measure, preventive diplomacy, defence capacity, dan security enhancement,” ujar John yang juga selaku Dansatgas.

Hal itu, lanjut John, menjadi semangat bagi Satgas Unsur Perdamaian TNI AL untuk menyambut kepercayaan yang diberikan MTF Commander dengan performa optimal. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER