Jumat, 19 April 2024

MNEK 2023: Manuver Sea Phase 25 Kapal Perang di Perairan Makassar

BACA JUGA

Makassar, IDM – Sebanyak 25 kapal perang dari 13 negara peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 melakukan manuver tahap laut atau Sea Phase, di Perairan Makassar, Kamis (8/6).

Sea Phase ini dilakukan pascasebelumnya menyelesaikan Harbor Phase di Kota Makassar, pada hari kedua dan ketiga dal MNEK 2023.

Selama bermanuver di laut, puluhan kapal perang menjalani serial latihan yang meliputi SAR Exercise, Maritime Interdicituon Exercise, Fin Exercise, dan sejumlah latihan yang fokus pada penanggulangan bencana alam.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Lima Negara Teken Dokumen Hasil ACF 2023

Saat Indonesia Defense Magazine ikut berlayar di atas KRI dr Soeharso-990 sebagai kapal koordinator formasi latihan, Komandan Satgas MNEK 2023 Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto, mengatakan latihan ini adalah salah satu implementasi tugas diplomasi oleh TNI AL.

“Dan saya yakin latihan ini akan terus dilaksanakan dari tahun ke tahun,” ungkap Edi.

Pada akhir latihan, seluruh kapal peserta MNEK 2023 membentuk formasi Komodo, dan peristiwa tersebut diabadikan dari foto udara.

Baca Juga: Tradisi Tarik Meriam 76 Mm di Yonarmed 13/Nanggala

“Mempertemukan angkatan laut dari banyak negara dan bermanuver bersama merupakan momentum yang langka sehingga hal ini harus diabadikan,” ujarnya.

Sebelumnya, MNEK 2023 adalah latihan non-perang berskala internasional yang digelar TNI AL setiap dua tahun sekali. Pelaksanaan keempat ini dihadiri 36 negara dan sebanyak 17 kapal angkatan laut negara sahabat. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER