Minggu, 14 April 2024

Mengenal Hwasong-17, Rudal Balistik Antarbenua Terbesar Korut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) mengumumkan bahwa mereka berhasil meluncurkan Intercontinental Ballistic Missiles (ICBM) atau rudal balistik antarbenua terbesarnya dalam sebuah tes. Rudal ini dikenal dengan nama Hwasong–17 atau sering disebut rudal monster.

Dilansir dari AP, Hwasong-17 berhasil terbang hingga 1000 km dengan ketinggian sekitar 6000 km pada Jumat (18/11). Rudal tersebut mendarat di Laut Timur, berjarak sekitar 200 km dari sebuah pulau di Utara Hokaido.

Dalam kurun waktu satu tahun ini, Korut sudah lebih dari 25 kali melakukan uji coba rudalnya. Namun, rudal Hwasong-17 disinyalir merupakan rudal terkuat yang terus dikembangkan oleh Korut. Jangkauan ketinggian melampaui ICBM sebelumnya, Hwasong-15 yang mencapai 4.500 km dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh Korea Utara pada tahun 2017.

Baca: Cegah Infiltrasi Kelompok Kurdi, Iran Perkuat Keamanan Perbatasan

Dilansir 38north.org, sebuah program analis berbasis di AS yang memantau Korut, mengatakan bahwa melihat dari peluncuran terbaru Hwasong-17, rudal tersebut mampu mencapai jangkauan lebih dari 15.000 km. Hwasong-17 diluncurkan langsung dari kendaraan Transporter Erector Launcher (TEL). Hal ini membuat Hwasong-17 sebagai ICBM mobile berbahan bakar cair terbesar di dunia. Diameternya diperkirakan sekitar 2,5 meter dan berat totalnya ketika terisi penuh di antara 80.000 dan 110.000 kg. Ukurannya yang besar, dirancang untuk membawa banyak hulu ledak dan menembus pertahanan rudal dengan lebih baik. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER