Jumat, 19 April 2024

Lanal Cilacap Amankan Ribuan Amunisi Diduga Bekas Perang Dunia II

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap mengamankan ribuan amunisi yang diduga berasal dari kapal perang yang tenggelam pada Perang Dunia II di alur perairan dermaga PT SBI, Desa Bonsayur, Sabtu (15/7).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (17/6), ribuan amunisi tersebut ditemukan oleh dua nelayan, yaitu Mukmin (35) dan Surono (45) saat beraktivitas mencari ikan di Perairan Cilacap.

Baca Juga: Pangdam Cenderawasih Resmikan Empat Kodim Baru di Papua

Pascamenemukan amunisi tersebut, kedua nelayan berinisiatif segera melaporkan penemuan ini kepada Lanal Cilacap pada Sabtu malam.

Lanal Cilacap
Lanal Cilacap mengamankan temuan ribuan amunisi yang diduga bekas Perang Dunia II di Perairan Cilacap. (Foto: Dok. Dispenal)

Barang bukti yang ditemukan berupa lempengan besi, peluru tajam kaliber 12,7 mm, dan kaliber 7,62 mm dalam kondisi serbuk amunisi sudah terbuang dan kondisi selongsong dengan proyektil terpisah.

Kemudian, Lanal Cilacap melaksanakan peninjauan lokasi daerah penemuan amunisi di bawah laut yang diduga berasal dari kapal perang pada era Perang Dunia II yang tenggelam di perairan alur pelayaran Cilacap.

Baca Juga: KRI Frans Kaisiepo-368, Kapal Perang Turki dan Bangladesh Bermanuver di Laut Mediterania

Kondisi kapal sudah tidak utuh dan dinding kapal sebagian hilang serta geladak sudah hancur. Amunisi yang ditemukan tidak jauh dari posisi tenggelamnya kapal tersebut.

Untuk mencegah dan menghindari penyalahgunaan senjata dan amonisi yang kemungkinan masih tersisa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, Lanal Cilacap mengidentifikasi titik penemuan amunisi dan pengamanan area perairan tersebut. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER