Sabtu, 20 April 2024

Kunjungan Danguspurla Koarmada II ke Kapal LMV Independence Class AL Singapura

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Lakasmana Pertama TNI Edi Haryanto berkunjung ke kapal perang Angkatan Laut Singapura RSS Dauntless (21) di Surabaya, Selasa (11/7).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Rabu (12/7), kunjungan Edi tersebut turut didampingi oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Kolonel (Mar) Baedhowi Oktafidia.

Baca Juga : Mitigasi Bencana, Pushidrosal dan AL Prancis Survei Dasar Laut Sabang

Kunjungan ke kapal perang LMV Indepence class Angkatan Laut Singapura RSS Dauntless (21).
Kunjungan ke kapal perang LMV Indepence class Angkatan Laut Singapura RSS Dauntless (21). (Dok. Dispen Koarmada II)

Kunjungan Edi disambut oleh Komandan RSS Dauntless Mayor Er Jin Kiat beserta kru. Mereka menjelaskan serta memperkenalkan tentang jenis kapal perang RSS Dauntless (21) yang sandar selama empat hari ini.

Pelaksanaan kunjungan dilaksanakan untuk mempererat hubungan bilateral serta kerja sama yang selama ini sudah terjalin antara TNI AL dan Angkatan Laut Singapura.

“Harapannya dengan adannya kunjungan tersebut, ke.depan hubungan kerja sama dan koordinasi antara kedua angkatan laut akan semakin baik dan lebih dekat lagi,” ujar Edi.

Baca Juga : Latgab TNI 2023: TNI AL Persiapkan 20 KRI dan Dua Kapal Selam, Ini Daftarnya

Spesifikasi RSS Dauntless (21)

RSS Dauntless (21) adalah kapal ketujuh dari Independence class yang bergabung pada arsenal AL Singapura pada Januari 2020. Kapal perang Littoral Mission Vessel (LMV) ini memiliki panjang 80 meter dan kecepatan maksimal 27 knot.

Jumlah pengawak (konfigurasi standar) pada kapal perang RSS Dauntless (21) adalah 23 orang dan jumlah pengawak (konfigurasi misi modular) adalah 30 orang.

Sementara untuk sistem persenjataan, kapal ini dilengkapi meriam utama, yakni satu pucuk OtoMelara Super Rapid Gun kaliber 76 milimeter, satu pucuk meriam sekunder Typhoon Mk38 Remote Weapon Station-Stabilised Gun kaliber 25 milimeter.

Dilengkapi pula dengan RCWS yang terdiri dari dua pucuk Hitrole RCWS kaliber 12,7 milimeter, 12 tabung peluncur rudal VL MICA, dan dua unit Long Range Accoustic Device 500 Xtreme (LRAD-500X) and Xenon Light, Water Cannon System. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER