Sabtu, 25 Mei 2024

Kuatkan Pengerahan Pasukan, KSAL Pimpin TFG Pengamanan Pemilu 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memimpin pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) pengamanan Pemilu 2024, Jakarta, Senin (12/2).

Pada kegiatan tersebut, Ali menerima laporan dari sejumlah satuan TNI AL yang telah mengerahkan personel maupun unsurnya untuk mendukung Pemilu 2024.

“Dalam proses Pemilu nantinya TNI AL harus tetap netral tanpa memihak, dan menghindari pihak yang berkepentingan tersendiri. TNI AL sudah memiliki percayaan di mata masyarakat dan berbagai lembaga pemerintahan,” ujar Ali, dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (13/2).

Baca Juga: Daftar Lengkap 33 Pati TNI AD yang Dirotasi dan Mutasi

Sebanyak Satu Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari Pasmar 1 Jakarta telah di bawah kendali operasi (BKO) ke jajaran Mabes TNI atas instruksi Panglima TNI.

TNI AL
(Foto: Dok. Dispenal)

Selain itu, sejumlah Pangkalan TNI AL (Lanal) di sejumlah kota seperti Lanal Cilacap, Lanal Tegal, dan Lanal Semarang tergabung dalam satuan tugas pengamanan Pemilu yang di-BKO ke Kodam IV/ Diponegoro.

Tidak hanya melibatkan pasukan, TNI AL juga mendukung sejumlah unsur KRI, KAL, dan Patkamla untuk distribusi logistik serta petugas penyelenggara pemilu ke sejumlah wilayah yang tidak terjangkau melalui akses darat dan udara.

Baca Juga: 13 Jabatan Perwira Tinggi TNI AL Dirotasi, Ini Daftarnya

Di wilayah Koarmada I, TNI AL mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah Kabupaten Lingga. Sedangkan di Koarmada II mengerahkan unsurnya untuk pendistribusian ke Tahuna, Marore, Kawio, Matutuang, Kawaluso, Lipang, Pulau Melongune, Pulau Karatung, Pulau Marampit, hingga Bitung, Sulawesi Utara.

Untuk wilayah Koarmada III, pendistribusian logistik dengan unsur TNI AL meliputi Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Seram Bagian Timur hingga Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat Daya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER