Minggu, 26 Mei 2024

Korut Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Jelajah Jenis Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) mengatakan telah melakukan uji coba perdana rudal jelajah generasi baru sebagai bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kemampuan militer. Rudal bernama Pulhwasal-3-31 itu disebut strategis, yang biasanya mengacu mengacu pada senjata berkemampuan nuklir.

Baca Juga: Berencana Eksplorasi Gas Alam, Filipina Pastikan Kirim Angkatan Bersenjata ke Laut Filipina Barat

“Korut melakukan uji coba pertama rudal jelajah strategis tipe baru Pulhwasal-3-31. Uji tembak itu tidak berdampak negatif terhadap keamanan negara tetangga dan tidak ada kaitannya dengan situasi di kawasan,” tulis KCNA, laman media resmi pemerintah Korut.

KCNA tidak merinci berapa banyak rudal yang ditembakkan. Namun, uji coba itu disebut sebagai proses pengembangan sistem senjata dan kegiatan rutin dari lembaga penelitian ilmiah pertahanan Korut.

Baca Juga: Jerman akan Kirim Enam Helikopter Sea King Mk41 ke Ukraina

Peluncuran rudal jelajah ini juga yang pertama dilakukan Korut sejak September tahun lalu dimana mereka uji coba dua rudal jelajah strategis jarak jauh ke arah Laut Kuning. Saat itu, Korit menyebut rudalnya meluncur sepanjang 1.500 km. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER