Minggu, 21 April 2024

Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik di Tengah Ketegangan yang Meningkat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) kembali menembakkan beberapa rudal jelajah ke Laut Kuning. Peluncuran tersebut menjadi langkah konfrontatif lainnya usai kapal selam rudal balistik Amerika Serikat (AS) tiba di pelabuhan Korea Selatan (Korsel) minggu lalu.

Dilansir dari Yonhap, Sabtu (22/7) Joint Chief of Staff Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa pihaknya kini bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) untuk mempelajari lebih la lanjut terkait jenis dan kemampuan rudal yang diluncurkan kemarin petang tersebut.

Baca Juga: Israel Kembali Lakukan Penembakan di Tepi Barat

“Otoritas mliter kami telah memperkuat pengawasan dan kewaspadaan sambil bekerja sama erat dengan Amerika Serikat dan mempertahankan postur kesiapan yang kuat,” kata dia.

Korsel dan AS juga berupaya mempersiapkan postur pertahanan sekaligus memantau kemungkinan ancaman rudal lainnya. Tindakan Korut itu pun disebut harus dihentikan karena mengancam keamanan di Semenanjung Korea.

Baca Juga: Ukraina Klaim Rusia Serang Fasilitas Penyimpanan Pangan di Odessa

“Otoritas intelijen kami sedang menganalisis peluncuran sambil memantau tanda-tanda aktivitas konfrontasi tambahan,” kata JCS.

Peluncuran rudal Korut semakin memperburuk ketegangan dengan Korsel dan AS. Sebelumnya, Korut juga meluncurkan rudal serupa ke Laut Timur usai kapal selam USS Kentucky berlabuh di Busan. Belum lagi, hingga kini Korut tidak memberikan tanggapan apapun terkait keadaan tentara AS yang ditahan karena melintasi perbatasan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER