Sabtu, 2 Maret 2024

Kopasgat Terjunkan Tim Antidrone dalam Pengamanan VVIP KTT ASEAN 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) mengerahkan tim antidrone untuk bertugas dalam pengamanan VVIP KTT ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo pada 9 – 11 Mei 2023.

Dikutip dari keterangan Penerangan Kopasgat dijelaskan, tim tersebut bertugas untuk melumpuhkan gangguan-gangguan yang diakibatkan oleh drone maupun pesawat tanpa awak dengan menggunakan senjata antidrone.

Baca Juga: Pertama di ASEAN, Indonesia Bakal Mampu Produksi Kapal Selam Sendiri

Selain tim antidrone, Kopasgat juga mengerahkan prajuritnya untuk melaksanakan pengamanan di Bandara Lede Kalumbang Tambaloka. Bandara tersebut merupakan bandara alternatif untuk kondisi darurat (emergency) atau keadaan di luar kendali saat KTT ini berlangsung.

Tim antidrone Kopasgat
Prajurit Kopasgat yang bertugas di Bandara Lede Kalumbang Tambaloka untuk pengamanan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. (Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Dengan demikian, para delegasi serta tamu negara dapat dengan mudah dievakuasi dari venue ke Bandara Lede Kalumbang Tambolaka untuk selanjutnya diterbangkan menuju daerah lebih aman seperti Bima atau Bali.

Baca Juga: TNI AU dan US PACAF Gelar Airman to Airman Talks ke-15, Ini yang Dibahas

Prajurit yang dikerahkan untuk pengamanan bandara ini berasal dari Batalyon Komando 464 Kopasgat yang dipimpin langsung Danyonko 464 Kopasgat Letkol Pas Puthut HM., M.Han., sebagai Wadansur Pam Bandara Tambolaka.

Kopasgat dalam pelaksanaan tugasnya juga didukung dengan sejumlah alustsista seperti satu unit pesawat Hercules C-130 asal Skadron Udara 32 dan dua pesawat Cassa dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER