Senin, 27 Mei 2024

Kerahkan Pesawat Hercules, Ini Aksi Cepat Tanggap TNI AU Membantu Evakuasi Medis Warga di Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan satu unit pesawat C-130 Hercules untuk membantu evakuasi medis seorang pria yang merupakan warga Distrik Wamena, Papua Pegunungan, beberapa waktu lalu.

Evakuasi harus dilakukan lantaran pria itu tengah berada dalam kondisi sakit dan membutuhkan penangangan. Pengerahan pesawat Hercules asal Skadron Udara 32 pun dilakukan mengingat kondisi geografis wilayah Wamena Papua Pegunungan yang sulit serta terpencil.

Selain itu, cuaca hujan yang kerap terjadi belakangan ini membuat para warga memang begitu tergantung pada moda transportasi udara atau yang kerap disebut mereka sebagai ‘Bapak Hercules’.

Baca Juga: Asah Kesiapan Operasi, Lanud Halim Perdanakusuma Gelar Latihan Survival Dasar

Selain alutsista, TNI AU juga mengerahkan sejumlah prajurit dari Lanud Manuhua, Biak Numfor dalam proses evakuasi medis itu.

Personel TNI AU
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Tepat pukul 17.32 WIT Hercules A-1323 dengan Captain Pilot Mayor Pnb Ebor landing dengan aman di Lanud Manuhua dan membawa serta Bapak Wahyu Wijayadi (31), warga Distrik Wamena yang mengalami penyakit kulit langka, yaitu sekujur tubuhnya melepuh,” tulis TNI AU dikutip dari keterangan foto di instagram @militer.udara, Selasa (16/1).

Selanjutnya, personel RSAU Lanud Manuhua bersama Tim Medis Pelabuhan dengan sigap langsung membantu porses evakuasi pasien untuk mendapatkan penanganan di RSUD Biak Numfor. Setelah itu, warga Distik Wamena itu diterbangkan ke Malang, Jawa Timur untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di RSUD Saiful Anwar Malang.

Baca Juga: Ada Sarapan Pagi Lagi untuk Anak-anak Papua dari Pasukan Pandawa Kostrad

Kadisops Lanud Manuhua, Letkol Nav Marino Adam mengungkap, proses evakuasi medis ini merupakan bagian dari bakti TNI AU kepada masyarakat. Tindakan ini, lanjut Marino, juga sejalan dengan perintah Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) agar TNI dapat selalu hadir di tengah masyarakat.

“Selain itu, TNI juga harus peduli dalam membantu berbagai permasalahan dan mengatasi kesulitan masyarakat sekitar,” pungkas Kadisops Lanud Manuhua. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER