Minggu, 26 Mei 2024

Kapal Selam Nuklir Terbesar di Dunia, Dmitry Donskoy Pensiun

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Dukungan Angkatan Laut Rusia Vladimir Maltsev, mengumumkan penonaktifan kapal selam nuklir Rusia, Dmitry Donskoy (TK-208). Pensiunnya kapal itu dikarenakan mengalami kerusakan.

“Dmitry Donskoy telah dinonaktifkan dan akan menunggu pemanfaatan di pangkalan angkatan laut di Severodvinsk bersama dengan dua unit lain dari proyek ini,” kata Maltsev dikutip dari kantor berita Rusia Tass, Kamis (9/2).

Sebelumnya, mengutip dari News Week, kapal selam nuklir peninggalan era Uni Soviet itu pertama kali diluncurkan pada 1980 dan menjadi kapal pertama dari enam kapal Armada Utara kelas Akula.

Bertugas selama 43 tahun, kapal selam ini adalah tulang punggung pencegah serangan nuklir. Dmitry Donskoy memiliki panjang 574 kaki dan berat 53 ribu ton.

Baca: Belanda, Denmark dan Jerman akan Pasok 100 Tank Leopard 1A5 ke Ukraina

Dmitry Donskoy dilengkapi empat tabung peluncur torpedo 533 mm dan dua tabung peluncur torpedo 650 mm, memiliki 20 rudal balistik R-39 seberat 36 ton dengan 200 hulu ledak yang mampu menjangkau sasaran sejauh 8.000 km. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER