Sabtu, 2 Maret 2024

Kabar Duka, Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Kuntara Tutup Usia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus TNI AD Letjen TNI (Purn) Kuntara meninggal dunia, Sabtu (21/8/2021).

Letjen TNI Purn Kuntara sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena sakit. Almarhum meninggal pukul 06.10 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Melansir dari keterangan Penerangan Kopassus di Instagram resmi, Kuntara meninggal pada usia 82 tahun. Ia disemayamkan di Gedung Balai Komando Cijantung, Jakarta Timur, sebelum rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu ini. Kuntara merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1968. Ia kemudian menjabat sebagai Danjen Kopassus pada periode 1988 hingga 1992.

Setelah jabatannya berakhir, Letjen TNI (Purn) Kuntara pindah tugas menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) selama dua tahun.Lulusan Akademi Militer 1963 ini satu angkatan dengan Wismoyo Arismunandar, mantan Gubernur Jawa Timur Mayjen TNI (Purn) Basofi Sudirman dan mantan Pangdam IX Udayana Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan. 

Saat berdinas di TNI, Kuntara turut dalam Operasi Woyla untuk membebaskan para sandera dalam pesawat Garuda Indonesia yang dibajak di Bangkok, Thailand 1981.

Memasuki masa pensiun dari militer, Kemampuan berbahasa Mandarin yang dimiliki Kuntara membuat dia didapuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Cina pada 1997 hingga 2001. (wan/man)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER