Sabtu, 25 Mei 2024

Jelang Latihan Gabungan di ASEAN, Mabes TNI-Basarnas Tinjau Lokasi di Natuna

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menjelang latihan gabungan bersama (latgabma) ASEAN Solidarity Exercise 2023, Mabes TNI dan Basarnas meninjau medan di Natuna dan Batam, Jumat (11/8).

Dikutip dari keterangan Puspen TNI, Minggu (13/8), sejumlah tempat yang disurvei meliputi Hotel Radisson Batam, tempat para pejabat VVIP tamu negara dan dermaga Batu Ampar sebagai tempat pembukaan latgabma.

Sementara di Natuna yang menjadi pusat kegiatan, seperti Selat Lampa dan Pulau Sabang Mawang sebagai titik lokasi di wilayah perairan Natuna Selatan yang masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). 

Baca Juga: Semarak HUT ke-78 RI, Danlanud SMH Giatkan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Palembang

Asops Pangkogabwilhan I Laksamana Pertama TNI Bambang Dharmawan, memaparkan kegiatan peninjauan bertujuan menyamakan persepsi, sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan latgabma.

ASEAN Solidarity Exercise
(Foto: Dok. Puspen TNI)

“Mulai dari tahap perencanaan hingga pengakhiran dan diharapkan akan menghasilkan kesepakatan bersama dari masing-masing delegasi terkait penyusunan skenario latihan,” kata Bambang.

“Termasuk pelibatan utsista, pengawak dan asetnya, finalisasi jadwal serta tempat latihan,” sambungnya.

Baca Juga: KRI Bima Suci Jadi Tamu Kehormatan Hansen Sail 2023 di Jerman

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono latgabma ASEAN Solidarity Exercise 2023 adalah latihan non-tempur yang fokus pada operasi patroli gabungan maritim, evakuasi medis, search and rescue (SAR) serta humanitarian assistance and disaster relief (HADR) di wilayah yang disimulasikan terdampak bencana.

Latgabma tersebut akan dihadiri oleh seluruh Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN. Kegiatan ini bakal berlangsung pada 18-25 September 2023. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER