Minggu, 26 Mei 2024

Iran Akan Tingkatan Kemampuan Luncur Rudal Hipersonik Fattah Hingga 2.000 km

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran berencana untuk meningkatkan jangkauan rudal hipersonik Fattah agar dapat mencapai target sejauh 2000 km. Rencana itu merupakan wujud ambisi Iran untuk memiliki keunggulan militer, khususnya kemampuan rudal.

Dilansir dari Mehr, Jumat (23/6), komandan unit militer IRGC (Islamic Revolutionary Guard Corps) Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh menyampaikan rencana tersebut dalam sebuah konferensi di Universitas Mazandaran, Iran bagian utara pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Iran dan UE Bahas Langkah Meredakan Ketegangan Nuklir

Hajizadeh menjelaskan, kemampuan rudal hipersonik Fattah akan ditambah menjadi sejauh 2.000 kilometer, dibandingkan dengan jangkauan saat ini yang hanya 1.400 km.

“Fattah adalah rudal hipersonik dengan jangkauan 1400 km. Namun, jangkauan rudal tersebut dapat ditingkatkan menjadi 2000 km.”

Sebelumnya, rudal hipersonik Fattah dipamerkan untuk pertama kali beberapa minggu lalu. Dalam kesempatan tersebut, Hajizadeh turut menyampaikan bahwa terciptanya rudal hipersonik dengan kecepatan 15 mach itu merupakan bukti keungulan teknologi militer Iran.

Baca Juga: AS dan India Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Ia pun mengklaim, rudal Fattah dapat menembus semua sistem pertahanan udara karena kemampuan manuver dan kecepatannya yang tinggi.

“Kami dapat mencapai target apa pun dalam jarak 1.400 kilometer. Tidak ada sistem pertahanan di dunia yang dapat melawan rudal tersebut,” kata Hajizadeh. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER