Minggu, 26 Mei 2024

Iran dan UE Bahas Langkah Meredakan Ketegangan Nuklir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perwakilan Uni Eropa (UE) telah melakukan pertemuan dengan otoritas Iran untuk membahas pakta proliferasi nuklir pada beberapa waktu lalu. Pertemuan itu disebut sebagai upaya meredakan ketegangan dengan negara-negara barat akibat meningkatnya industri nuklir Iran.

Dilansir dari VOA, Jumat (23/6), delegasi Uni Eropa Enrique Mora telah melakukan negosiasi dengan otoritas nuklir Iran Ali Bagheri di Qatar. Mora mengungkapkan pertemuan itu membahas berbagai isu bilateral yang menghambat implementasi Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Baca Juga: Konflik Kembali Memuncak, PBB Imbau Israel-Palestina Berdamai

“Pembicaraan di Doha itu membahas berbagai masalah bilateral, regional dan internasional, termasuk jalan ke depan menuju diterapkannya JCPOA,” kata Mora.

Sementara, Bagheri mengatakan pertemuan dengan Mora telah berjalan efektif dengan saling bertukar pandangan terkait kemungkinan dicabutnya sanksi barat terhadap Iran.

“(Saya) melakukan pertemuan serius dan konstruktif dengan Mora di Doha. Kami bertukar pandangan dan membahas berbagai masalah termasuk negosiasi pencabutan sanksi,” kata Bagheri.

Baca Juga: Rudal Ukraina Hantam Jembatan Krimea, Rusia: Tidak Ada Pengaruhnya

Perjanjian JCPOA merupakan kesepakatan antara Iran dengan beberapa negara termasuk Uni Eropa yang mengatur batas pengolahan nuklir sejak tahun 2015. Mulanya, perjanjian tersebut dinilai efektif untuk menahan kekuatan negara yang memiliki kemampuan nuklir tetapi menjadi semakin longgar setelah Amerika Serikat (AS) menarik diri pada tahun 2018.

Serangkaian perundingan untuk memperbarui perjanjian nuklir itu pun telah dilakukan sejak tahun 2021. AS menjadi salah satu pihak yang menerapkan berbagai sanksi ekonomi untuk menekan Iran. Namun, penyelesaian perlombaan kekuatan nuklir yang menganggu stabilitas keamanan global ini masih belum terselesaikan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER