Kamis, 30 Mei 2024

Pesawat Tempur Rafale, Bukti Komitmen Prabowo Membangun Pertahanan Udara Indonesia yang Kuat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2023 di Le Bourget, utara Paris, Prancis, Rabu (21/6). Ada yang menarik dalam perhelatan tersebut di mana Prabowo membawa miniatur pesawat tempur Rafale Indonesia sebagai simbol bertambahnya kekuatan TNI AU.

Pesawat tempur Rafale buatan Prancis ini adalah salah satu alutsista berteknologi tinggi yang sudah direalisasikan Prabowo. Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI pada 10 Februari 2022 di kantor Kemhan, Jakarta, telah menandatangani kontrak pembelian sebanyak enam pesawat tempur Rafale.

Momen penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Prabowo dan Florence Parly, Menhan Prancis periode 2017-2022. Sebagai langkah awal, Indonesia terlebih dahulu mengakuisisi 6 unit Rafale dari total 42 pesawat yang dibeli.

Baca Juga: Marinir dan Komando Operasi Khusus Australia Diskusi Rencana Latihan Bersama

“Jet tempur canggih Rafale, merupakan jet tempur generasi 4.5 serta mampu disetarakan dengan F-16 Fighting Falcon dan F-18 Hornet buatan Amerika,” bunyi keterangan Kemhan RI di akun instagramnya.

Setelah penandatanganan kontrak oleh Prabowo dan Parly pada Desember 2022, Prabowo dan Menhan Prancis Sebastien Lecornu yang menggantikan Parly di Prancis membahas program pelatihan bagi para pilot jet tempur TNI AU untuk mengoperasikan Rafale.

Miniatur pesawat tempur Rafale
Miniatur pesawat tempur Rafale Indonesia. (Foto: Dok Istimewa)

Melalui pelatihan ini Prabowo berharap, para pilot TNI AU nantinya bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk mengawaki pesawat tempur tersebut.

Kini, Indonesia hanya perlu menunggu kedatangan pesawat tempur Rafale yang diperkirakan tiba di tanah air pada akhir tahun 2026.

Baca Juga: Jet Tempur F-16 TNI AU Sergap Pesawat Pembom Strategis B-52H USAF di Langit Sumut

Rafale merupakan salah satu jet tercanggih di dunia saat ini yang diproduksi oleh perusahaan Prancis, Dassault Aviation.

Jet tempur ini memiliki kemampuan membawa banyak jenis senjata, sistem misi yang canggih, melakukan serangan udara ke darat, serangan udara ke udara dan pencegatan pesawat musuh dalam satu misi.

Pesawat ini juga dirancang sebagai pesawat serbaguna yang dapat menjalankan berbagai misi atau omnirole. Sejumlah misi yang dapat dilakukan pesawat ini antara lain serangan udara-ke-darat, serangan udara-ke-udara, misi pertahanan udara dan pengintaian.

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER