Senin, 4 Maret 2024

Hadapi Tantangan Kecerdasan Buatan, Lemhanas Siap Tranformasi 5.0

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kemajuan teknologi khususnya penggunaan kecerdasan buatan semakin signifikan di berbagai bidang termasuk pertahanan. Sejalan dengan itu, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mengaku siap menjadi bagian dari inovasi teknologi militer di tanah air.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto saat upacara Hari Jadi Ke-58 Lemhannas di Jakarta, Selasa (23/5).

Baca Juga: Kunker ke Malaysia, KSAU Saksikan Langsung Penampilan JAT di LIMA 2023

Andi menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan transformasi menjadi Lemhannas 5.0 pada 2024 hingga 2045. Fokus utama yang harus dilakukan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi ilmuwan di tanah air.

“Kita akan menghadapi tantangan teknologi artifical intelligence yang semakin dominan. Lemhannas harus bisa membuktikan diri mampu tetap relevan dengan bertransformasi menuju Lemhannas 5.0,” kata Andi melansir Katadata.

Baca Juga: Dapat Bantuan 120 Motor, Dandim 0313/Kampar Sampaikan Terima Kasih Kepada Menhan Prabowo

Menurutnya, penguatan SDM ini akan dilakukan melalui penerapan materi ajar dan kurikulum yang diberikan kepada peserta didik Lemhanas seperti para perwira TNI/Polri, pejabat kementerian/lembaga, praktisi, pengamat hingga peneliti bidang pertahanan dan keamanan.

“Lemhannas menyiapkan kepercayaan strategis baru untuk mengantisipasi pertarungan geopolitik. Kami sudah identifikasi pertarungan geopolitik akan sangat diwarnai oleh kompetisi tentang konektivitas global,” pungkasnya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER