Ekspedisi Maritim, TNI AL Eksplor 13 Tempat Bersejarah di Pulau Jawa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sejak 22 September-10 Oktober 2022, TNI AL akan mengungkap sejarah kejayaan maritim melalui ‘Ekspedisi Maritim’ dengan mengeksplorasi 13 tempat bersejarah di pulau Jawa yang dibagi ke dalam beberapa etape.

Keberangkatan tim Ekspedisi Maritim dengan KRI Dewaruci untuk etape pertama dengan tujuan Cirebon terdiri dari Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, tim Dispenal, Disjarahal, dan media Tempo. Kemudian, etape kedua dan seterusnya akan dilanjutkan via jalur darat.

Beberapa tempat sejarah yang akan dieksplor TNI AL bersama tim media Tempo, selain Cirebon yakni Tegal, Semarang, Juwana, Rembang dan Gresik, Surabaya, Pacitan, Jogja, Cilacap, Pangandaran, Banten, dan Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan tujuan kegiatan ialah menggali potensi maritim, sejarah maritim, dan tentunya sumber daya maritim di daerah-daerah yang nantinya akan dilintasi. Selain itu, lanjut Yudo, juga bertujuan mengedukasi generasi penerus tentang negara maritim.

“Ke depannya ekspedisi maritim akan dilaksanakan ke daerah-daerah di luar pulau Jawa yang ada potensi maritimnya seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, maupun Papua,” ungkap Yudo, saat pelepasan keberangkatan ‘Ekspedisi Maritim’, dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (23/9).

Sementara itu, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, berterima kasih atas kepercayaan TNI AL menjalin kerjasama untuk melakukan ekspedisi. Ia mengungkapkan, output ekspedisi nantinya berupa sejumlah publikasi, termasuk video investigasi dan mengungkap sejarah kekayaan laut di tanah air.

“Termasuk kejayaan angkatan laut dari masa lampau, keberadaan situs, museum dan sebagainya akan diangkat dan berharap bisa menjadi pembelajaran bagi para penerus tentang kekuatan angkatan laut kita,” pungkasnya. (at)

EDISI TERBARU

sidebar

BERITA TERBARU

POPULER