Minggu, 16 Juni 2024

ECOWAS Kirim Delegasi untuk Negosiasi dengan Pemimpin Militer di Nigeria

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Blok ekonomi Afrika Barat atau ECOWAS akan mengirim delegasi ke Nigeria untuk bernegosiasi dengan para perwira militer yang merebut kekuasaan Presiden Bazoum melalui kudeta pada beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengembalikan sistem konstitusional dan perdamaian di negara tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (3/8), Abdel-Fatau Musah, komisioner ECOWAS untuk urusan politik, perdamaian dan keamanan mengatakan bahwa pihaknya menuntut agar kudeta militer segera dihentikan. Menurutnya, opsi militer merupakan ‘pilihan terakhir’ yang akan diambil jika negosiasi tidak berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Khawatir Digunakan Untuk Perang, Cina Perketat Ekspor Drone Sipil

“Opsi militer adalah pilihan terakhir, kita harus bersiap untuk kemungkinannya. Kita harus bisa menunjukkan bahwa kita tidak hanya menggonggong tapi juga bisa menggigit,” kata Musah.

Delegasi ECOWAS ke akan dipimpin oleh mantan Presiden Nigeria Abdulsalami Abubakar, yang akan bernegosiasi dengan pemimpin militer di Ibu Kota Niamey. Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut terkait pertemuan tersebut.

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Dalang Kudeta Militer di Nigeria

Senada, dalam pernyataan terpisah, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menegaskan posisi mereka yang mendukung upaya damai di Nigeria. Namun, beberapa pihak disebut tidak segan melakukan intervensi militer demi mengembalikan situasi demokratis seperti semula.

“Waktu satu minggu ini bisa lebih dari cukup jika semua orang berbicara dengan itikad baik, jika semua orang ingin menghindari pertumpahan darah. Namun, negara-negara anggota yang berpandangan berbeda sedang mempersiapkan diri untuk menggunakan kekuatan jika diperlukan,” kata Leonardo Santos Simão, Perwakilan Khusus dan Kepala Kantor PBB untuk Afrika Barat dan Sahel. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER