Danlantamal I Pimpin Apel Komcad dan Komduk Di Pantai Labu Deli Serdang

6
Foto Dok./Dispen AL

Belawan, IDM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso pimpin Apel Komponen Cadangan (Komcad) dan Komponen Pendukung (Komduk) Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Pesisir Tahun 2020 di Kampung Bahari Nusantara Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (18/11/2020).

Pada kesempatan itu, Danlantamal I membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang mengatakan bahwa Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut merupakan aktualisasi dari tugas utama serta kiprah TNI AL dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah pesisir. Juga sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, percepatan pembangunan daerah, serta peningkatan ketahanan wilayah nasional.

Acara puncak Dawilhanla Pesisir Tahun 2020 di Lantamal I Belawan ini dengan tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Program Dawilhanla TA 2020 di Wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan Guna Terwujudnya Penyiapan Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung Dalam Rangka Pertahanan Negara”.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa fungsi Dawilhanla merupakan salah satu tugas utama TNI Angkatan Laut yang disebutkan di dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut dalam rangka mendukung sistem pertahanan rakyat semesta,” ujarnya.

“Kesuksesan penyelenggaraan Dawilhanla ini tentunya tidak terlepas dari dukungan serta kerja sama yang baik dengan pihak pemerintah daerah setempat dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, serta kementrian, lembaga pemerintah, juga pihak swasta yang menaruh perhatian terhadap optimalisasi pembinaan potensi maritim melalui kegiatan yang berorientasi untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim khususnya pesisir,” pungkasnya.

Foto Dok./Dispen AL

KSAL mengharapkan, dengan terlaksananya program Dawilhanla dalam bentuk bakti TNI Angkatan Laut ini dapat mempercepat proses pembangunan karakter bangsa (National Character Building) serta memfasilitasi terciptanya hubungan lintas sektoral antara TNI Angkatan Laut dengan instansi pemerintah dan swasta serta masyarakat dalam rangka mewujudkan tenun kebangsaan yang lebih solid dalam kerangka sinergi untuk negeri.

Untuk itu, sinkronisasi langkah dan tindakan serta kerjasama dan sinergitas satuan Komando Kewilayahan TNI Angkatan Laut harus senantiasa menjadi penekanan utama agar selaras dengan dinamika dan perkembangan sosial kemasyarakatan di wilayah masing-masing guna mencapai dalam implementasi program Dawilhanla.

Dipenghujung sambutannya, Kasal menekankan kepada seluruh jajaran prajurit TNI Angkatan Laut untuk terus memberikan darma bakti demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danlantamal I selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, telah dijelaskan di dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 7 tentang sistem pertahanan negara yang terdiri dari tiga yaitu komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung. Hal ini juga dipertegas dengan UU Nomor 3 Tahun 2012 menjelaskan bahwa pertahanan negara bersifat semesta atau menyeluruh.
Maka dari itu, apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk bangsa membangkitkan semangat persatuan serta semangat membela bangsa.

Selain itu, kegiatan apel Komcad dan Komduk ini juga merupakan bagian dari upaya kita dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang tumbuh dari rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara , sehingga tiap-tiap warga negara memahami serta memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. (rgp/wan)