Senin, 27 Mei 2024

ASEAN Cadet Sail 2023 Latih Para Taruna Materi Bestex Matahari

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) bersama sejumlah kadet negara-negara ASEAN mempelajari materi Bestex Matahari di geladak KRI Bima Suci dalam pelayaran dari Surabaya Menuju Batam.

Mengutip dari laman TNI AL, Kamis (6/4), dalam materi tersebut, para taruna diajarkan cara penggunaan Sextant yang benar. Hal ini dikarenakan ketepatan dalam menghitung secara manual dengan Sextant akan menentukan posisi kapal sampai ke titik tujuan.

Baca Juga: Skuadron 800 Wing Udara 1 Puspenerbal Laksanakan Intai Udara Maritim

Alat itu digunakan apabila Global Positioning System (GPS) di kapal tidak berfungsi, sehingga untuk mengetahui posisi kapal secara manual dengan menggunakan Sextant.

Sementara itu, semua peserta kadet juga dimasukkan dalam Divisi Jaga KRI agar mengenal tentang kehidupan di kapal, seperti cara mengemudikan kapal layar tiang tinggi.

Baca Juga: Kadet Negara ASEAN Jadi Warga Kehormatan KRI Bima Suci

Pelayaran ASEAN Cadet Sail 2023 dengan KRI Bima Suci ini dipimpin oleh Komandan Letkol Laut (P) M Sati Lubis dan juga diikuti oleh perwira pendamping tiap-tiap negara perwakilan. Para kadet terdiri dari 10 taruna Indonesia, dua taruna Thailand, dua taruna Singapura, dua taruna Malaysia, dua taruna Kamboja, dan dua taruna Vietnam. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER