Jumat, 19 April 2024

AS Lakukan Serangan Siber Terhadap Kapal Pengintai Iran

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) melakukan serangan siber terhadap kapal militer Iran yang telah mengumpulkan data intelijen terkait keberadaan kapal kargo di Laut Merah dan Teluk Aden.

Dilansir dari NBC News, Jumat (16/2), Serangan siber itu dilakukan pada Minggu lalu, sebagai respon terhadap serangan pesawat nirawak oleh militan Houthi yang menewaskan tiga anggota militer AS di Yordania akhir bulan Januari.

Baca Juga: Turki Siap Kerja Sama dengan Mesir untuk Hentikan Konflik di Gaza

“Operasi itu dimaksudkan untuk menghambat kemampuan kapal Iran untuk berbagi intelijen dengan pemberontak Houthi di Yaman yang telah menembakkan rudal dan drone ke kapal kargo di Laut Merah,” kata pejabat intelijen AS yang tidak disebutkan namanya.

Berdasarkan informasi intelijen tersebut, Iran menggunakan kapal pengintai untuk memberikan informasi penargetan kepada Houthi sehingga serangan mereka terhadap kapal-kapal kargo di Laut Merah dan Teluk Aden bisa lebih efektif.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tenggelamkam Kapal Perang Rusia di Laut Hitam

Sementara, militan Houthi yang menguasai sebagian wilayah di Yaman, telah meluncurkan serangkaian serangan drone dan rudal ke kapal-kapal komersial di Laut Merah dan Teluk Aden dalam beberapa pekan terakhir. Mereka menyebutnya sebagai respons terhadap operasi militer Israel di Gaza sekaligus unjuk solidaritas terhadap Palestina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER